CARA AGAR RAMBUT HITAM LEBAT SECARA ALAMI

Masyarakat Indonesia umumnya memiliki warna rambut yang hitam, dan rambut yang hitam serta tebal dianggap indah dan subur. Untuk itulah berbagai cara agar rambut hitam lebat dan sehat diupayakan, baik dengan melakukan treatment / perawatan di klinik-klinik perawatan rambut yang paling sederhana sampai yang memerlukan biaya sangat mahal.

cara-agar-rambut-hitam-lebat-secara-alami
Ilustrasi Perawatan Rambut
Atau pilihan lainnya saat ini banyak sekali produk perawatan rambut yang memiliki kandungan gizi yang dapat memperbaiki sel-sel rambut, membuatnya subur dan membuat rambut berwarna hitam. Sudah barang tentu cara ini pun bervariasi, ada yang relatif murah ada juga yang harganya mahal sehingga tidak terjangkau oleh semua kalangan. Ada pula produk pewarna rambut yang secara instan mewarnai rambut, dan tentu saja dalam promosinya bukan hanya mewarnai rambut namun juga memelihara rambut agar sehat secara alami.

RAMBUT TIDAK SEHAT DAN MEMERAH

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menghitamkan rambut, kita bahas terlebih dahulu beberapa penyebab rambut tidak sehat dan biasanya memerah serta memiliki ujung yang bercabang.

1. Paparan Sinar Matahari. Terkena sinar matahari secara langsung dengan frekeuensi yang (terlalu) sering tanpa dilindungi bisa menyebabkan rambut menjadi kusam dan memerah. Apabila Anda termasuk orang yang terpaksa harus sering berada di luar ruangan dan harus sering berhadapan dengan terik matahari dalam melakukan aktifitas sehari-hari, maka ada baiknya Anda menggunakan pelindung kepala agar rambut Anda pun terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

2. Shampo atau minyak rambut yang tidak cocok. Sebagian (tidak semua) orang rambutnya memerah bahkan terasa gatal pada kulit kepala yang diakibatkan penggunaan sampo atau minyak rambut yang tidak sesuai. Tentu saja Anda yang sudah mencoba beberapa jenis ( baca : merk) shampo atau minyak rambut bisa memilih mana yang paling tepat untuk jenis rambut Anda.

3. Air yang kotor. Kondisi di beberapa wilayah Indonesia yang masih sulit mencari air bersih juga merupakan salah satu penyebab rambut menjadi merah di beberapa wilayah tersebut.

4. Rambut yang tidak terawat. Nah yang ini mau bilang apalagi, kenyataanya masih banyak juga orang yang mengabaikan perawatan rambutnya, entah karena merasa tidak terlalu perlu atau sebab lainnya.

5. Kondisi kesehatan tubuh. Kondisi kesehatan tubuh seseorang juga bisa berpengaruh pada warna rambut. Misalnya kurangnya zat para amino asam benzoat, stres, gizi buruk, menderita penyakit berat atau sedang dalam masa pengobatan, gangguan ginjal, keracunan logam berat, kelainan imunitas, kelainan hormon.

6. Faktor Keturunan atau Genetika. Faktor yang satu ini saya tulis dibagian paling belakang. Anda tidak perlu khawatir kalau rambut orang lain hitam dan rambut Anda coklat atau merah.


Baca : Cara Mengobati Jerawat Dengan Bahan Alami


CARA AGAR RAMBUT HITAM LEBAT SECARA ALAMI

Rambut berwarna hitam terutama bagi kaum hawa seringkali dianggap sangat penting dan menjadi simbol keindahan. Dan baiklah kita langsung saja membahasnya satu-persatu.

1. Aloevera / Lidah buaya. Semua orang pasti sudah tidak asing dengan khasiat lidah buaya yang satu ini. Sejak dulu lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan rambut, dan bukan hanya untuk menghitamkan rambut, namun juga untuk :

  • Melawan rambut rontok
  • Kondisioner alami
  • Mencegah kebotakan
  • Pelembap alami
  • Melawan ketombe
Caranya : ambil satu atau beberapa daun lidah buaya, potong dan gosokkan getah lidah buaya pada permukaan kulit kepala.

2. Minyak Kemiri. Minyak kemiri lebih dikenal sebagai bumbu dapur, dan seperti Aloevera yang yang bukan hanya dapat menghitamkan rambut, minyak kemiri ini memiliki manfaat lainnya yaitu, merawat, menyehatkan, melebatkan dan menghitamkan rambut.

Caranya : beli minyak kemiri dan gunakan sebagai minyak rambut setiap pagi dan malam hari secara rutin.

3. Air Teh Hitam. Nisa dibilang ini adalah cara menghitamkan rambut sekaligus mengilangkan uban yang paling mudah dilaksanakan, karena teh hitam saat ini sangat mudah kita dapatkan, bahkan hampir disetiap keluarga tersedia setiap harinya.
Caranya : Ambil dua sendok makan teh hitam dan seduh dengan air mendidih lalu diamkan selama 24 jam. Keesokan harinya, gunakan air teh tersebut untuk membasahi rambut. Lakukan setiap pagi selama beberapa minggu.

4. Minyak Zaitun. Minyak zaitun kaya asam lemak yang dapat menyerap kesetiap helai rambut dan melembutkan rambut yang kering dan tentu saja menghitamkan rambut.Yang paling umum minyak zaitun ini digunakan sebagai kondisioer, namun Anda juga bisa menggunakannya untuk meminyaki kulit kepala sambil mengurut-urut secara pelan dan merata.

5. Biji Pepaya dan Minyak Kelapa. Biji pepaya juga memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut dan menyehatkan kulit kepala.
Carnaya : sangrai biji pepaya lalu tumbuk dan campurkan dengan minyak kelapa. Olaskan pada rambut dan diamkan sekitar 2 - 3 jam. Lakukan secara rutin untuk membantu menghitamkan rambut.

Sebenarnya masih banyak lagi cara alami yang dapat digunakan agar rambut menjadi hitam dan lebat, namun kali ini saya hanya akan membahas kelima cara tersebut karenkelima cara menghitamkan rambut di atas termasuk yang paling mudah dilakukan saat ini dan efektif.

Terima kasih
Tidak ada komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama